Ketua DPRD Tabanan Prakarsai Parade Pentas Seni Keliling

Sugianto

MARGA – Ketua DPRD Tabanan, Ketut ‘Boping’ Suryadi bersama Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan menggelar parade pentas seni keliling. Tujuannya untuk membangkitkan sanggar seni dan menghidupkan kembali gairah berkesenian. Salah satunya terselenggara di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, pada Sabtu (24/2/2018). Parade pentas seni tahun 2018 ini disambut sukacita warga Desa Kukuh.

Parade Pentas Seni tahun 2018 yang diselenggarakan di wantilan Pura Desa Pakraman Kukuh ini dihadiri Ketua Dinas Kebudayaan I Gusti Ngurah Supanji, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja, Kasat Intel Polres Tabanan AKP Komang Sri Subakti, dan unsur Muspika Marga. Kegiatan berlangsung dari pukul 19.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita. Dimeriahkan penampilan seni tari, seni karawitan, barong bangkung, bondres anak-anak dan dewasa, hingga pentas musik. Selain menampilkan guest star Anak Angin, Parade Pentas Seni di Desa Kukuh turut dimeriahkan artis Bali, Saraff Four United, Sri Larisa, dan Eka Badeng.

Boping menegaskan, Parade Pentas Seni yang digagasnya untuk membangkitkan sanggar-sanggar seni di Kabupaten Tabanan. Parade Pentas Seni digelar di 10 kecamatan se-Tabanan. Ia pun menyambut gembira karena penggiat sanggar semangat untuk menyajikan karya seninya. Tak kalah gembira, beragam kegiatan di Tabanan tidak hanya lagi monoton oleh satu sanggar, namun sanggar lain turut berpartisipasi dan mendapat ruang pentas. “Kami akan terus geloran kesenian bersama Dinas Kebudayaan,” ungkap Boping, pemrakarsa Kemah Budaya ini.

Sementara Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto, dalam sambutan selamat datangnya sampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Tabanan dan Dinas Kebudayaan yang telah bawa misi kesenian ke Desa Kukuh. Dikatakan, ada 8 sanggar seni di Desa Kukuh. Pada Parade Pentas Seni 2018, lima di antaranya berpartisipasi yakni Sanggar Pusvita, Sanggar Putra Ayu, Sanggar Rare Pondok, Sanggar Kancing Mas, dan Sekaa Semar Pegulingan Banjar Munggal. Sementara untuk pengisi acara musik, menampilkan drummer cilik, Tika, dari Banjar Munggal.

Meski Boping Suryadi sebagai vokalis Anak Angin tak bisa menyumbangkan suara emasnya karena pada saat itu harus pamit duluan ke acara serah terima jabatan (Sertijab) Dandim Tabanan, acara tetap meriah. Vokalis pengganti mampu bersinergi dengan Anak Angin yang diperkuat Teddy (keyboard), Iwan Andrean (gitar), Anang (bass), dan Andre (drum). Acara makin meriah dengan hadirnya punggawa Four United, Sarraf dan istri Sri Larisa dengan duet ‘Sing Punyah Sing Mulih’. Tak kalah seru, Perbekel Sugianto naik panggung menyanyikan lagu ‘Gelahang Beli’ duet bersama Sarraf Cs. Di akhir acara, Eka Badeng menghentak dengan lagu hits Iwan Fals. gus

Komentar