ST Bhakti Karya Gelar Cerdas Cermat dan Lomba Nyurat Aksara Bali

PM Undiknas

MARGA – Sekaa Teruna (ST) Bhakti Karya, Banjar Denuma, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan menggelar Cerdas Cermat tingkat SD dan lomba nyurat aksara Bali di balai banjar setempat, Sabtu (13/1). Cerdas Cermat diikuti tiga regu dari SDN 1 Kukuh, SDN 3 Kukuh, dan SDN 4 Kukuh. Masing-masing regu terdiri tiga anggota dari kelas V dan VI. Masing-masing sekolah menyertakan dua tim.

Ketua ST Bhakti Karya Banjar Denuma, I Made Wisnu Segara, mengatakan, materi Cerdas Cermat berupa pengetahuan umum tentang Desa Kukuh, Matematika, Bahasa Bali, Bahasa Indonesia, PKn, IPA, dan Bahasa Inggris. Juri ada tiga orang yakni Ayu Nyoman Chandra Yustiana (mahasiswa JurusanFarmasi Universitas Udayana), Ni Putu Rima Sulistyani (mahasiswa Jurusan Matematika IKIP PGRI Bali), dan I Putu Windu Mertha Sujana  (Dosen Universitas Dwijendra).

Cerdas Cermat terdiri dari tiga babak masing-masing babak pertama soal pilihan. Peserta memilih sendiri soal melalui nomor yang ada. Kedua soal rebutan, peserta berhak menjawab ketika ditunjuk juri karena membunyikan gong pertama kali. Ketiga babak penyisihan, peserta memberikan pendapat terhadap sebuah video yang ditayangkan juri. Pemenang lomba Cerdas Cermat, juara I Tim 1 SDN 4 Kukuh, juara IITim 1 SDN 1 Kukuh, dan juara III Tim 2 SDN 4 Kukuh.

Selain Cerdas Cermat, perayaan HUT ke 71 ST Bhakti Karya juga diisi lomba Nyurat Aksara Bali. Peserta Lomba siswa kelas 4 dan kelas 5 dari SDN 1 Kukuh, SDN 3 Kukuh, dan SDN 4 Kukuh. Ketua Panita, I Putu Windu Mertha Sujana, mengatakan, lomba Nyurat Aksara Bali adalah bagian penting dari sebuah kebudayaan. Dalam lomba ini anak-anak akan lebih tertarik untuk belajar nyurat aksara Bali. “Tujuan kegiatan ini untuk mengarahkan generasi muda agar tetap melestarikan bahasa, sastra, dan budaya Bali,” tandas Putu Windu. #agung pramita

 

Komentar