Longsor, Satu Unit Rumah Tergerus ke Sungai

Rumah warga yang tergerus longsor di Banjar Jadi Desa, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan. Foto ISTIMEWA

BANJAR ANYAR – Satu unit rumah di Perumahan Sandan Sari Anyar blok G, Banjar Jadi Desa, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, hancur akibat diterjang longsor, Senin (21/1/2019) malam. Satu unit rumah ini terbawa tanah longsor ke sungai Yeh Panahan yang ada di bawahnya. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, sebab pemilik rumah, Pak Rahmat bersama keluarganya sebelumnya telah mengungsi.

Informasi di lapangan, tanah longsor yang menggerus satu rumah ini terjadi sekitar pukul 21.45 Wita. Warga setempat, Ayu Laksmi, menuturkan saat itu mendengar suara gemuruh. “Tahu-tahu rumah pak rahmat di blok G No 42 yang kosong terbawa tanah longsor masuk ke sungai yang ada di bawah,” ungkapnya dilansir www.kabarnusa.com, Selasa (22/1/2019). Setelah tenang melihat kejadian itu, ia kemudian menginformasikan kepada temannya yang bekerja di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Tabanan.

Petugas BPBD Tabanan kemudian datang ke lokasi dan mengosongkan tiga rumah lainnya di sekitar lokasi longsoran. Tujuannya menghindari bencana longsor susulan. Terpisah, Kelian Banjar Jadi Desa, I Putu Tampan Sujadi, menuturkan di Perumahan Sandan Sari Anyar blok G ada 60 unit rumah. Perumahan ini dibangun tepat di atas senderan sungai Yeh Panahan. “Sudah ada 10 KK yang mengungsi karena khawatir rumahnya longsor,” ungkap Pak Tunik panggilan akrab Tampan Sujadi.

Sedangkan Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Tabanan, I Putu Trisma Widiatmika, mengungkapkan jika melihat posisi perumahan, memang rawan longsor. Dikatakan, rumah yang hancur terbawa longsor diduga karena senderannya tidak kuat menahan luapan air hukan. Selain rumah yang tergerus longsor, tiga unit rumah lainnya juga terancam longsor sehingga pemilik rumah diimbau untuk mengosongkan rumahnya. sug

Komentar