Kuningan, Uang Berterbangan di Desa Bongan

Krama Banjar Bongan Gede berebut uang saat masuryak, Sabtu (5/1). Foto istimewa.

BONGAN – Krama Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan menggelar tradisi masuryak pada Saniscara Kliwon Kuningan atau Hari Raya Kuningan, Sabtu (5/1). Tradisi turun temurun ini diwarnai dengan uang berterbangan yang kemudian direbut dan ditangkap oleh semua kalangan, tua muda baik laki maupun perempuan. Menerbangkan uang ke angkasa bukanlah hura-hura namun bentuk suka cita agar terjadi suryak (bersorak tanda kegembiraan) untuk mengantarkan leluhur kembali ke surga.

Tradisi warisan leluhur ini telah dimulai sejak pukul 09.00 Wita. Sebelum acara puncak digelar, krama mengawali dengan persembahyangan bersama di sanggah dan merajan (pura keluarga) masing-masing. Selanjutnya sembahhyang ke Sanggah/Merajan Gede dan Pura Tri Kahyangan. Usai sembahyang, krama membawa segala perlengkapan upacara seperti banten dan sesajen ke depan pintu masuk rumah masing-masing. Selanjutnya pamangku atau yang dituakan  melantunkan  doa-doa yang ditutup dengan masuryak. 

Masing-masing keluarga memberikan bekal berupa uang logam maupun kertas. Uang tersebut dilemparkan ke udara kemudian direbut warga lainnya. Anak-anak, remaja hingga orangtua baik laki maupun perempuan berebut saling dorong untukmendapatkan  uang. Tradisi ini menjadi tontonan warga, bahkan warga dura desa atau desa tetangga ikut berebut uang yang dilemparkan ke udara. Kelihan Adat Banjar Bongan Gede, I Nyoman Parwata(51), menjelaskan tradisi masuryak bertujuan mengantarkan roh leluhur kembali ke surga.  "Kami yakin selama Hari Raya Galungan hinggaHari Raya Kuningan para leluhur pulang ke rumah, kemudian kembalinya kami antar sampai di pintu gerbang dengan suka cita,bersorak sambil lempar uang ke udara yang direbut oleh warga lain,”bebernya.Jumlah uang yang dilempar disesuaikan dengan kemampuan, bisa dengan uang kertas maupun uang logam. Tradisi ini digelar setiap 6 bulan sekali (210 hari berdasarkan kalender Bali) tepatnya pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan atau Hari Raya Kuningan. sug

Komentar