Kapolsek Marga Pimpin Sidak Duktang di Desa Kukuh

Sugianto

MARGA– Kapolsek Marga, AKP. I Gusti Made Sudarma, pimpin anggotnya sidak penduduk pendatang (duktang) di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Sabtu (15/12). Sidak duktang juga melibatkan Perbekel Desa Kukuh, prajuru adat, dan pecalang. Sasarannya para buruh yang tinggal di kos-kosan dan bedeng proyek. Saat sidak, satu warga dari Sumbawa Barat yang tinggal di bedeng Banjar Tegal tidak dapat menunjukkan kartu identitas diri KTP, karena dibawa keluar oleh adik sepupunya.

Sebelum melakukan sidak, Kapolsek AKP. I Gusti Made Sudarma memimpin jajarannya untuk doa bersama. Personel Polsek Marga berkekuatan 12 orang diminta waspada dan saling menjaga untuk keselamatan dalam melaksanakan tugas. Selain memeriksa kartu identitas diri, juga memeriksa barang bawaannya. Sidak diawali di kos-kosan Banjar Munggal. Sidak diantar langsung Kelian Banjar Dinas Munggal I Made Suastika, Kelian Adat Munggal I Komang Gede Renteg, dan dua pecalang banjar setempat.

Kos-kosan yang disasar didominasi warga dari Karangasem dan Jembrana. Semua penghuni telah berkeluarga dan mampu menunjukkan KTP. Selanjutnya menyasar kos-kosan yang dihuni buruh dari pulau Jawa. Saat itu hanya ada empat buruh, dua lainnya berbelanja keperluan sehari-hari di pasar Terminal Pesiapan Tabanan. Seluruh buruh sudah melaporkan diri ke Kelian Banjar Dinas Munggal. Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto, meminta para buruh itu untuk tidak keluyuran hingga larut malam. Mereka juga dilarang pesta minuman keras apalagi sampai mengganggu ketertiban umum.

Selanjutnya, sidak menyasar bedeng di usaha cetak batako di Banjar Tegal. Di bedeng ini didominasi warga dari Buleleng, semuanya lengkap ber-KTP. Di bedeng ini juga tinggal dua warga Sumba. Saat dimintai KTP, warga ini tak mampu menunjukkannya. Alasannya, dompetnya dibawa keluar oleh adik sepupunya. Warga ini juga mengaku sudah melapor tinggal dan kerja di Banjar Tegal kepada kelian adat dan kelian dinasa setempat. Kelian Banjar Dinas Tegal, Kade Oka Suryawan, yang ikut sidak membenarkan mereka yang tinggal di bedeng sudah melapor ke prajuru adat dan kelian dinas.

Kapolsek Marga, AKP. I Gusti Made Sudarma, menekankan akan terus melakukan sidak duktang untuk menjaga ketertiban dan keamanan (kamtibmas) masyarakat. Tidak hanya di Desa Kukuh juga menyasar desa lainnya di Kecamatan Marga. sug    

Komentar