Komisi II Sayangkan Gedung PMI Gagal Tender

Desak

SANGGULAN– Ketua Komisi II DPRD Tabanan, Anak Agung Dharma Putra, sayangkan pembangunan gedung PMI gagal diwujudkan di tahun 2018. Penyebabnya, proses pembangunan gagal tender. Hanya saja Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR PKP) enggan blak-blakan menerangkan penyebab gagal tender tersebut. Gagalnya pembangunan gedung PMI terungkap saat Komisi II DPRD Tabanan rapat kerja dengan Dinas PUPR PKP di gedung dewan, Kamis (13/12).

Anak Agung Dharma Putra mengatakan, gedung PMI rencananya didirikan di Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri. Menurutnya, gedung PMI ini sudah dinantikan dan sifatnya krusial. “Ke depan Dinas PUPR PKP harus sering berkoordinasi dengan DPRD agar bisa mencari solusi bersama-sama. Kasihan kalau anggarannya tidak terserap,” ungkap Dharma Putra. Anggota Komisi II DPRD Tabanan, I Made Asta Dharma, menegaskan harus ada koordinasi penyebab gagal tender gedung PMI.

Sementara Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas PUPR PKP Tabanan, Kadek Faridatini Sueca, membenarkan gedung PMI gagal tender.terkait penyebabnya, Faridatini menyarankan konfirmasi langsung ke ULP karena merupakan tanggungjawab dari Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) atau (ULP). Dikatakan, lelang dalam proyek pembangunan gedung PMI dilakukan pada bulan Juni 2018. Proyek pembangunan gedung PMI menggunakan anggaran bersumber dari BKK Badung 2018 yang SK-nya diterima pada bulan Mei 2018 sebesar Rp 2,9 miliar untuk pengerjaan fisik dan Rp 50 juta untuk perencanaan. “Saat itu kami belum punya DED, sehingga kami harus menyiapkan DED dulu. Setelah DED selesai baru memasuki tahap lelang di bulan Juni 2018,” jelasnya. 

Namun proses lelang yang memakan waktu sekitar satu setengah bulan gagal tender. “Waktunya juga mepet akibat terlebih dahulu siapkan DED,” terang Faridatini. Jika lelang ulang dilakukan, akan memakan waktu sekitar 40 hari, sedangkan waktu pengerjaan hanya 120 hari kalender. Otomatis hanya akan menyisakan waktu 80 hari kalender, sehingga sangat ketat apabila tetap dilakukan pngerjaan gedung. Rencananya pembangunan gedung PMI dilakukan di tahun anggaran 2019 nanti. “Kami sudah usulkan kembali anggaran tersebut agar bisa digunakan di tahun 2019,” terangnya. sug

Komentar